Kamis, 14 Mei 2015

Visualisasi Ekspor " Kopi vs Teh vs Tembakau " Indonesia

     Infogram, sebuah visualisasi statistik yang digunakan agar dapat dengan mudah di pahami untuk mengambil sebuah keputusan. Contoh infogram, pie chart, line chart, bar chart, dan sebagainya.

     Dalam kasus kali ini saya mengambil data ekspor sebagai referensi. Kenapa harus ekspor om? yaa karena saya memang senang tentang ekspor barang yang dimana bisnis ekspor tersebut bisa menguntungkan bangsa Indonesia ini.



     Dalam hal berbisnis kita harus mengetahui peluang masing-masing bisnis yang akan kita jalani. Kita harus mengetahui prospek tujuan bisnis kita agar kita dapat me-minimalisir resiko kerugian. Untuk itu kita harus menganalisis data-data referensi dari tahun sebelumnya, tapi data dari tahun-tahun sebelumnya tidaklah sedikit untuk dianalisis. Infogram sangat dibutuhkan disaat data yang akan dianalisis terlalu banyak.

     Berikut telah saya sajikan data berupa line chart dari masing-masing komoditi ekspor yang akan dibahas dari tahun 2009-2013. Data didapat dari buku BPS - Statistik Indonesia 2014.
Grafik ekspor kopi (dalam ribu ton)

Grafik ekspor teh (dalam ribu ton)

Grafik ekspor tembakau (dalam ribu ton)

Grafik perbandingan FOB kopi, teh, dan tembakau (000 US$)

     Yang ingin saya sampaikan dalam grafik tersebut sebenarnya bukanlah nilai pastinya, namun dari grafik tersebut dapat kita lihat mana yang setiap tahunnya naik, mana yang makin lama makin turun, yang berarti berkaitan erat dengan peluang kita berbisnis di negara dan komoditi tersebut.

     Demikian tulisan mengenai visualisasi ekspor kopi, teh, dan tembakau. Semoga dengan postingan ini dapat menambah ilmu pembaca agar dapat diamalkan lagi ke hal lainnya agar amalan kita di dunia ini tidak terputus. Terima kasih. :)


Tag : Ekspor, kopi, teh, tembakau, Indonesia, bisnis, visualisasi, infogram, grafik, grafik menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar